Posted in baweanologi, kamus bahasa bawean, think

BAWEANOLOGI (sebuah perkenalan ringkas dan menyeluruh)

baweanologiPendahuluan
Kita mengenal sosiologi sebagai suatu ilmu tentang manusia dan masyarakatnya, antropologi sebagai ilmu tentang ras manusia (khususnya asal-muasal, perkembangan adat dan kepercayaan), biologi sebagai ilmu mahluk hidup, kristologi sebagai ilmu kekristenan dan seluk beluknya, dan banyak lagi macamnya.
Sekarang mari coba kita mengalihkan sedikit pikiran kita pada sesuatu yang agak asing, agak sullit untuk pernah kita bayangkan. Bagaimana pendapatmu tentang kata ini, Baweanologi? Tidakkah itu terdengar asing? Tapi jangan khawattir, Baweanologi adalah sebuah ilmu, sebagaimana ilmu lainnya.

Definisi
Baweanologi adalah ilmu yang membahas semua hal tentang pulau Bawean. Mulai dari masyarakatnya, budayanya, mitos, agama, social sampai politiknya. Bahkan lebih dari itu, beberapa detail tentang peri kehidupannya—seperti persahabatan, kecenderungan, tempat-tempat menarik, dll—juga akan turut dibicarakan, membuat tulisan ini semakin hidup dan dekat dengan lingkungan keseharian masyarakat Bawean. Ini adalah kajian yang menarik dan menggairahkan. Anda tidak perlu jauh-jauh menyeberang lautan hanya untuk merasakan berada di tengah-tengah orang Bawean. Baweanologi adalah sebuah ilmu baru.
Mengapa Baweanologi perlu disusun? Karena manusia butuh pengetahuan yang menyeuruh tentang segala hal, dan Bawean beserta segala isinya adalah bagian dari segala hal tersebut.

Rangka pembahasan Baweanologi
Penyajian bahasan ini disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan lugas. Sebisa mungkin penulis mengusahakan agar pembaca merasa tengah membaca sebuah novel, atau cerpen yang menyenangkan. Kenapa? Karena banyak orang alergi dengan ilmu social disebabkan bahasanya yang benar-benar menjemukan.
Untuk kelengkapan data yang disajikan dalam bidang ini, Baweanologi, penulis dengan terbuka menerima masukan dan saran juga sumbangan tulisan siapa saja yang mengenal Bawean atau memiliki hubungan personal dengan Bawean. Tak perduli apakah dia orang Bawean asli, keturunan campuran, pendatang, atau bahkan orang belanda yang dulu menjajah indonesia. Tidak perduli. Baweanologi menerima semua input yang memang bisa dipertanggung jawabkan.
Namun demikian, yang menarik mengenai Baweanologi adalah, ia tidak semata tentang fakta riil pulau Bawean—dalam hal ini mitos digolongkan sebagai fakta riil karena kepercayaan itu benar-benar include dalam diri orang Bawean, tapi juga beberapa bagian dari Baweanologi adalah semacam rancangan pikiran yang mungkin saja tidak pernah terjadi. Pemikiran ini digolongkan ke dalam Baweanologi karena untuk memahami sesuatu yang nyata tidak selalu dilakukan dengan cara yang nyata pula, kadang khayalan jauh lebih kuat dalam memberi pengertian bagi pemirsanya.

pantai_pasir_putih_baweanologiPenutup
Dengan disusunnya Baweanologi, diharapkan akan terbentuk satu lagi jembatan untuk saling memahami sesama manusia. Kita bukan produk sebuah pabrik masyarakat yang sama, kerena itu kita senantiasa berbeda, dan itu membuat kita butuh akan jembatan untuk mempertemukan dang mengakurkan tiap-tiap perbedaan kita.
Demikian introduction untuk Baweanologi, suatu bidang ilmu terbaru yang bahkan mungkin belum pernah anda bayangkan seumur hidup anda selama ini. Selamat menjelajah onggho-onggho’an Bawean.

Penyusun Baweanologi
Catur Amrullah

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

4 thoughts on “BAWEANOLOGI (sebuah perkenalan ringkas dan menyeluruh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s