• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Amazing writing class

Step satu.
 Pengenalan teknik lingkaran setan
 Pengenalan teknik tulis kebut
 Pengenalan teknik menulis menunjukkan bukan memberitahukan
 Surprise surprise

1. lingkaran setan: menelurkan ide dengan menuliskan kata pokok, melingkarinya, lalu mengeluarkan semua asosiasi terhadap kata tersebut: macan>buas>liar>hutan>sabana> kijang>perburuan>kawanan>daerah kekuasaan>persaingan mendapatkan betina>dst. Tiap-tiap kata dilingkari dan dihubungkan dengan garis. Satu kata turunan bisa memiliki kata turunannya sendiri.
2. tulis kebut: menuliskan apa yang ingin anda tulis seketika, tanpa memperdulikan grammar, keepatan kata, ejaan, tanda baca, dll. Tulis semuanya, tanpa henti, tanpa henti, jika merasa lelah dan sumbat, jangan berhenti tapi tulis ini (atau yang sejenisnya): oh, tanganku lelah, kepalaku sedang beraksi, aku terus menulis, aku hebat, aku puny aide, ayo menulis terus, terus, terus, dsb. Beri batasan waktu, untuk awalkali, tetapkan lima menit, kemudian, tambah lima menit lagi, dst. Lama tidaknya tergantung pada besar tidak program penulisannya.
3. tulisan memberitahukan seperti ini: malam ini sungguh menakutkan. Tulisan menunjukkan seperti ini: malam gelap pekat, awan mendung menghitamkan langit, tidak ada apapun yang bisa dilihat. Angin bertiup di celah-celah pepohonan, makin lama makin kencang. Daun gugur beterbangan. Dalam keributan, seperti ada suara tertahan di balik batu-batuan dekat pemakaman. Semakin lama suara itu semakin terdengar nyata, dan, perlahan dalam keremangan, sosok itu muncul seperti arwah yang menuntut balas dendam. Mendekatiku.
4. surprise surprise adalah memberikan kejutan—baik yang diharapkan atau tidak oleh pembaca—di akhir tulisan. Yang terpenting, kejutan itu haruslah tidak tertebak oleh pembaca. Contoh: malam gelap pekat, awan mendung menghitamkan langit, tidak ada apapun yang bisa dilihat. Angin bertiup di celah-celah pepohonan, makin lama makin kencang. Daun gugur beterbangan. Dalam keributan, seperti ada suara tertahan di balik batu-batuan dekat pemakaman. Semakin lama suara itu semakin terdengar nyata, dan, perlahan dalam keremangan, sosok itu muncul seperti arwah yang menuntut balas dendam. Mendekatiku. Aku melangkah mundur, kakiku tersandung-sandung batu-batuan yang banyak berserakan. Tangan sosok remang itu mengagapai-gapai ke arahku. Dan, kakiku terperosok kedalam kubangan. Aku jatuh terjengkang, tergeletak tanpa daya di atas tanah. Di sebelah kepalaku, sebuah nisan batu tergeletak, tercerabut dari tempatnya. Sosok itu makin medekat sedang aku tidak bisa bergerak. Tangan kirinya mengeluarkan sesuatu dari balik mantel hitamnya. “Mas, ini HPnya, aku temukan semalam di atas MAKAMKU.”

Beri tips-tips menulis, mengatasi hambatan-hambata yang biasanya muncul saat menulis.

Advertisements

One Response

  1. Wah..tipsnya keren mas arul! Ada sekolah nulis onlinenya ngak mas? Aku mau ikutan dong. Bagi infonya ya mas di nomerku 085256411564. Trima ksh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: