Posted in novel terbaru, sastra

RAY DAN KELUARGA TOE MELAWAN TIGER (novel pertama Catur Amrullah)

Synopsis Ray dan Keluarga Toe Melawan Tiger

pastletoeRay dan keluarga toe adalah kisah petualangan bocah berusia sembilan tahun, Ray, menjelajahi lorong-lorong panjang di bawah kota, lorong para tikus. Dengan penuh ketakjuban, Ray menemukan suatu dunia tikus yang terus mengejar peradaban yang dibangun oleh manusia.

Bagaimana Ray bias menjelajahi dunia tikus tak ubanhya dengan jalan-jalan di jalan utama kota Greenville—kota tempat tinggal Ray? Pada pesta ualang tahunnya yang kesembilan—satu-satunya pesta ulang tahun yang pernah diadakan di rumah Ray, sebuah hadiahkan yang sangat tak terduga diberikan pada Ray. Hadiah itu pemberian dari kakek Chamberlain, kakek Ray, yang mana telah meninggal empat tahun yang lalu saat Ray masih berusia lima tahun. Hadiah itu berupa sebuah cincin terbuat dari tulang hitam dengan gurata-guratan aneh pada permukaannya, dan selembar surat wasiat yang membingungkan. Dan Ray langsung mengenakan cincin misterius itu.di rumah, Ray hanya tinggal bersama ibu dan neneknya saja. Ayahnya bercerai dua tahun setelah kematian kakeknya. Kini ayahnya tinggal terpisah tiga propinsi dari mereka. Kakek Chamberlain dulunya adalah seorang veteran perang.

Pada malam setelah pesta ulang tahun ang special itu, petualangan tidak masuk akal dan nantinya akan membuka begitu banyak rahasia itupun dimulailah. Untuk pertama kalinya, Ray berbicara dengan Mr. Pastletoe.

“Oh…maaf mengagetkan, selamat malam Tuan Chamberlain Muda,” tikus itu menyapa sopan.

Persahabatan merekapun dimulai. Ray berkenalan dengan semua anggota keluarga Mr. Pastletoe. Bersama putra bungsu Mr. Pastletoe, Breezletoe,Ray melakukan penjelajahan yang jauh dan dalam. Mengitari hamper seluruh bagian kota dalam dan menemukan banyak keajaiban yang tersembunyikan dari manusia-manusia lainnya.
Karena hamper tiap malam Ray berpetualang di bawah tanah, akibatnya nilai ulangannya merosot tajam, padahal dia sedang naksir pada salah seorang teman sekelasnya, Renee, dan selalu ingin tampil menonjol di depannya. Untunglah, masalah ulangan—juga PR, ditemukan soslusinya dengan bantuan dan kebadungan Breezletoe.

Dari hubungan ini pula, Ray tahu kegetiran apa yang dialami oleh kakeknya selama menjalankan kewajiban militernya, memerangi orang-orang Eastfolk—penduduk asli Easternaide, negara tempat di mana Ray lahir dan tinggal—dalam peristiwa Perang Besar. Awalnya, Ray selalu merasa aneh pada neneknya yang yang tidak pernah bangga pada kakeknya yang pahlawan itu, bahkan menurut neneknya, justru kakeknya sendiri yang meminta agar tak satupn orang dari keluarganga yang membanggakan keprajuritannya. Bahkan kakeknyapun tidak pernah mengmabil uang pensiunannya. Tiap kali diantarkan, dia selalu menolaknya.

Dari Mr. Pastletoe, tahulah Ray kabut di balik semua ini. Selama ini, yang Ray ketahui tentang Perang Besar dari buku hanyalah tentara Easternaide berperang melawan kaum pemberontak yang merupakan orang-orang Eastfolk. Disebutkan di situ bahwa orang-orang Eastfolk menuntut kemerdekaan wilayah dari pemerintah Easternaide yang kini berkuasa. Disebutkan pula dalam buku itu, para pemberontak Eastfolk adalah para pembegal kejam, pemerkosa, perampok, dan melakukan segala cara untuk menggulingkan pemenrintah—pemerintah yang sekarang merupakan pemerintahan yang didominasi kaum pendatang; di Easterdian, warga Negara terdiri dari para penduduk asli dan para pendatang yang setelah beberapa decade dari kedatangannya menguasai Negara tersebut sampai sekarang, hamper genap satu abad. Namun, informasi yang didapatnya dari Mr. Pastletoe jauh bertolak belakang dari apa yang di sampaikan oleh buku. Dahulu kala, para pendatang adalah orang-orang yang bermigrasi ke Easternaide untuk mencari kehidupan baru yang lbih baik setelah tersisihkan dan terkalahkan di Negara asalnya, atau para pedagang yang mencari bahan baku murah—bahkan gratis kalau bisa—untuk kemudian di jual lagi di negaranya dengan harga yang tinggi. Orang-orang Eastfolk adalah orang-orang yang lugu, mereka menerima dengan baik kedatangan para pendatang baru, memberi mereka tanah untuk ditempati, melindungi dan menjaga hak mereka layaknya anggota keluarga. Bahkan dalam perkembangannya, mereka—orang Eastfolk dan para pendatang—bahu-membahu melawan kedatangan pasukan asing yang hendak menjajah tanah Easternaide. Kemudian, saat mereka mulai memikirkan pemerintahan, mulailah muncul masalah itu. Sedikit demi sedikit, para pendatag mendominasi pemerintahan, menyisihkan orang-orang Eastfolk dan pada puncaknya, memperlakukan mereka sebagai penduduk kelas dua yang tugasnya mengabdi pada mereka, para pendatang. Dari situlah konflik mulai merebak. Tuntutan akan persamaan hak dan kewajiban pada pemerintah menggema dikalangan orang-orang Eastfolk dan di jawab oleh pemerintah dengan acungan senjata.

Karena berbeda pendapat dengan isi buku dan berdebat dengan guru sejarahnya, Ray mendapat D untuk mata pelajaran sejarah nasional. Belum hilang kekesalan Ray, dating kabar buruk dari pinggir kota: Tiger—mafia tikus—dan kawanannya dating ke kota hendak mlakukan balas dendam pada keluaarga Toe. Konflik antara keluarga Toe dan Tiger bermula sejak mereka masih di barak tentara di medan peperangan Perang Besar. Tapi bukan hanya itu, ada rahasia tersembunyi yang dalam antara keduanya dan akan terungkap nantinya. Dan kini, saat kawanan mafia Tiger mengancam keluarga Toe, Ray harus melindungi keluarga sahabtnya itu, di saat yang sama, Ray harus memperbaiki nilai ujian sekolahnya jika tidak ingin tinggal kelas.

Catur Amrullah
April 30, 2009

Facts about Toe’s underworld.
• Dalam dunia tikus, hari dihitung dari terbenamnya matahari, jadi, jika siang ini hari minggu maka nanti malam adalah awal hari senin.
• Tempat-tempat sampah adalah bank makanan tikus yang dijaga oleh para tikus arranger dengan ketat.
• Tikus rumah mencuri makanan dengan rapi, tapi tikus rampok menyerang rumah dengan mambabi buta. Merusak apa saja. Pakaian, buku-buku, kardus,dll.
• Jika ada tikus mendadak mati dirumahmu, dia adalah tikus permapok, yang berhasil dikalahkan oleh tikus rumahmu. Mayat tikus rumah selau dibawa oleh keluarga mafia-mafia tikus tidak tinggal menetap.
• Walau bagaimanapun manusia harus mengendalaikan tikus demi keseimbangan ekosistem. Manusia membunuh tikus, keluarga tikus tak keberatan, karena itulah peraturan.
• Kadang sebuah keluarga memiliki kucing keluarga sekaigus tikus keluarga, karena biasanya keluarga itu tidak tega untuk membunuh tikus dengan tnaganya sendiri. Tapi sialnya, tak jarang justru tikus-tikus dan kucing bekerja sama. Seperti beberapa episode Tom And Jerry.
• Tikus keluarga bisa membaca dan paham bahasa manusia, itulah kenapa tidak ada tikus keluarga yang menggerogoti kotak racun.
• Komunikasi dengan tikus keluarga diwariskan dari pemilik sebelumnya pada keturunanya pada berbagai macam media ( kakek Chamberlain menggunakan cincin tulang hitam sebagai media).
• Kadang dalam keluarga yang mengetahui keberadaan tikus keluarga hanya si pemegang media komunikasi saja. Dilain keluarga semua anggota keluarga tahu walau pemegang media komunikasi hanya seorang (biasanya ini hanya keluarga penyayang binatang)
• Tikus mengetahui tempat-tempat penyimpanan mkanan kerena mereka menguping dan mengintai dari tempat gelap.
• Tikus keluarga bisa menjadi tikus liar jika komunikatornya belum sempat terwariskan atau diusir dari keluarga tuannya.
• Nama negaranya Easterdian, penduduk aslinya: Eastfolk, bahasa aslinya Easternaid.
• Ray kemudian tahu bahwa kakeknya bersimpati pada perjuangan orang-orang Eastfolk, dan hampir saja dipecat dari kesatuannya.
• Karena alasan kehormatan, sebuah keluarga atau seseorang yang memiliki tikus keluarga tidak menceritakanya pada orang lain/keluarga lain agar tidak dianggap aneh, freak.

untukl mendapatkan novel ini, silahkan menghubungi bagian pemasaran ArulChandrana publishing:08983810853

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

9 thoughts on “RAY DAN KELUARGA TOE MELAWAN TIGER (novel pertama Catur Amrullah)

  1. panjenengan pancen maknyusssss……….
    seorang tikus dari bawean yang akan mengrogoti dunia dengan karyanya

    cayo…..boz
    foto nya bisa lebih ancur lagi gak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s