• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

DAFTAR E-MAIL MEDIA CETAK TERLENGKAP BESERTA CARA PENULISAN EMAIL

points
Horison untuk Puisi : horisonpuisi@centrin.net.id
Horison untuk Cerpen : horisoncerpen@centrin.net.id
Horison untuk esai : horisonesai@centrin.net.id
SINDO (Seputar Indonesia) : editor@seputarindonesia.com
Suara Merdeka : triwikromo@yahoo.com
Majalah gong : editor@majalahgong.net.id
Bali post : tra_puspitaningsih@yahoo.co.id
Buletin Pawon (solo) : pawonsastra@yahoo.co.id
Buletin kakawin : buletinkakawin@gmail.com
Jakarta:
1. Kompas
(1) opini@kompas.com
(2) opini@kompas.co.id
2. Republika
(1) redaksi@republika.co.id
(2) sekretariat@republika.co.id
3. Media Indonesia
redaksi@mediaindonesia.co.id
4. Suara Pembaruan
(1) koransp@suarapembaruan.com
(2) opinisp@suarapembaruan.com
5. Sinar Harapan
(1) redaksi@sinarharapan.co.id
(2) info@sinarharapan.co.id
6. Harian Pelita
hupelita@indo.net.id
7. Suara Karya
redaksi@suarakarya-online.com
8. Koran Tempo
koran@tempo.co.id
ktminggu@tempo.co.id
9. Seputar Indonesia
(1) redaksi@seputar-indonesia.com
(2) marcomm@seputar-indonesia.com
Sumatera
(1) hariansinggalang@yahoo.co.id
1. Singgalang (Padang)
(2) kj_sgl@yahoo.com
2. Haluan (Padang)
(1) harian_haluan@yahoo.com.sg
3. Padang Ekspres (Padang)
(2) redaksi@padangekspres.co.id
(1) stres_tb@yahoo.com
4. Riau Pos (Pekanbaru)
(1) redaksi@riaupos.co.id
(1) budaya_ripos@yahoo.com
5. Waspada (Medan)
(1) redaksi@waspada.co.id
(2) waspada@waspada.co.id
6. Suara Indonesia Baru (Medan)
redaksi@hariansib.com
7. Batam Pos
redaksi@harianbatampos.com
8. Sriwijaya Post (Palembang)
(1) sripo@persda.co.id
(2) sripo@mdp.net.id
Jawa
1. Pikiran Rakyat (Jawa Barat)
(1) redaksi@pikiran-rakyat.com
(2) info@pikiran-rakyat.com
2. Suara Merdeka (Jawa Tengah)
(1) redaksi@suaramerdeka.info
(2) naskah@suaramerdeka.info
3. Kedaulatan Rakyat (Yogyakarta)
redaksi@kr.co.id
4. Koran Bernas (Yogyakarta)
koranbernas@yahoo.com
5. Harian Surya (Jawa Timur)
surya1@padinet.com
6. Duta Masyarakat (Jawa Timur)
dumas@sby.centrin.net.id
7. Surabaya Post (Jawa Timur)
redaksi@surabayapost.info
admin@surabayapost.info
8. Radar Malang (Malang)
radarmalang@jawapos.co.id
9. Solopos (Solo)
redaksi@Solopos.Net.
10. Jawa Pos (Surabaya)
(1) editor@jawapos.com
(2) editor@jawapos.co.id
Bali
1. Bali Post (Denpasar)
balipost@indo.net.id
Kalimantan
1. Banjarmasin Post (Banjarmasin)
banjarmasin_post@persda.co.id
bpostmania@telkom.net
2. Pontianak Pos (Pontianak)
redaksi@pontianakpos.co.id
Sulawesi
1.Harian Fajar (Makassar)
fajar@fajar.co.id
Luar Negeri
Globe and Mail
comment@globeandmai l.com
Fax: 416.585.5085
Tel: 416.585.5528
National Post
jkay@nationalpost. com
Fax: 416.442.2209
Tel: 416.383.2300
Vancouver Sun
sunopinion@png. canwest.com
Fax: 604.605.2522
Tel: 604.605.2184
Georgia Straight
contact@straight. com
Fax: 604.730.7010
Tel: 604.730.7000
Tyee
editor@thetyee. ca
Tel: 604.689.7489
New York Times
oped@nytimes. com
Fax: 212.556.4100
Tel: 212.556.1831
The Washington Post
oped@washpost. com
Fax: 202.334.5269
Tel: 202.334.7471
Los Angeles Times
op-ed@latimes. com
Fax: 213.237.7968
Tel: 213.237.2121
San Francisco Chronicle
forum@sfchronicle. com
Fax: 415.543.7708
Tel: 415.777.1111
San Jose Mercury Times
opinions@mercurynew s.com
Fax: 408.271.3792
Tel: 408.920.5235
Seattle Times
opinion@seattletime s.com
Fax: 206.382.6760
Tel: 206.464.2132
Oregonian
eval(unescape(‘%64%6f%63%75%6d%65%6e%74%2e%77%72%69%74%65%28%27%3c%61%20%68%72%65%66%3d%22%6d%61%69%6c%74%6f%3a%6f%70%65%64%40%6e%65%77%73%2e%6f%72%65%67%6f%6e%69%61%6e%22%3e%6f%70%65%64%40%6e%65%77%73%2e%6f%72%65%67%6f%6e%69%61%6e%3c%2f%61%3e%27%29%3b’)) .com
Fax: 503.294.4193
Tel: 503.221.8389
South China Morning Post
luisa.tam@scmp. com
Fax: 852.2516.7478
Tel: 852.2565.2222
Straits Times (Singapore)
stforum@sph. com.sg
Fax: 65.6319.8289
Tel: 65.6319.5397
Daily Telegraph (UK)
dtletters@telegraph .co.uk
Sunday Telegraph (UK)
stletters@telegraph .co.uk
Guardian (UK)
letters@guardian. co.uk
comment.is.free@ guardian. co.uk
Barangsiapa yang ingin mengirim tulisan ke koran, maka maka ikutilah kiat-kiat ini:
1.
Kirim ke media lewat email dalam bentuk MS Words Rich Text Format (rtf) dengan attachment.
2.
Isi surat mailnya:

Redaksi Yth,
Ini saya kirimkan satu cerpen (di attachment), mohon pemberitahuannya apabila dimuat atau tidak dimuat.
Salam.
catur amrullah
3.
Pada subject email tulis: “Artikel Opini: ” [..judul tulisan anda di sini…]
4.
Panjang tulisan antara 700 kata (4500 karakter). Untuk menghitungnya, lihat di MS Word -klik> tools -klik> wordcount -> akan ada jumlah kata (words) halaman (page) dan huruf (characters), kira-kira 2 halaman kuarto (tidak penuh) dengan huruf 12.
5.
Biarkan tulisan anda pada takdirnya, diterbitkan atau tidak diterbitkan, tugas Anda kirim tulisan tiap minggu, paling kurang satu.
6.
Dalam dua minggu tidak ada kabar mail, maka artinya tulisan anda tidak lolos seleksi, perbaiki tulisan itu dan kirim ke media lain.
7.
Diterbitkan atau tidak diterbitkan, anda dapat periksa di di website koran bersangkutan. Tetapi tidak semua koran di Indonesia begitu di Indonesia, demikian juga di Padang.
8.
Sebaiknya untuk pemula, kirimlah ke koran di kota Anda, sebab lebih mudah untuk diketahui apakah tulisan Anda diterbitkan atau tidak.
9.
Banyak koran di Indonesia tidak memberitahu penulisnya, apakah tulisannya akan diterbitkan atau tidak. Memang ada beberapa koran besar yang memberitahu; kalau tulisan tersebut ditolak.
Menulis di Media Cetak Indonesia (1)
Bagi siapa saja yg berminat mengirim tulisan ke media cetak (koran/majalah), maka berikut sedikit tips dari saya:
1. Panjang tulisan antara 700 sampai 1000 kata *. cara melihat jumlah kata: MS WORD –> tools–> wordcount —> words
2. Kirim ke media via email dalam bentuk MS WORDS via attachment.
Alamat email2 media cetak sebagai berikut:
Media Nasional:
1. Republika:
Redaksi : redaksi@republika.co.id
Sekretariat Redaksi : sekretariat@republika.co.id
Webmaster ROL : webmaster@republika.co.id
2. Kompas:
(1) opini@kompas.com
(2) opini@kompas.co.id
(3)kompas@kompas.com
3. Media Indonesia
redaksi@mediaindonesia.co.id
4. Suara Pembaruan
koransp@suarapembaruan.com
opinisp@suarapembaruan.com
5. Sinar Harapan
(1)redaksi@sinarharapan.co.id
(2)info@sinarharapan.co.id 6. Harian Pelita
eval(unescape(‘%64%6f%63%75%6d%65%6e%74%2e%77%72%69%74%65%28%27%3c%61%20%68%72%65%66%3d%22%6d%61%69%6c%74%6f%3a%68%75%70%65%6c%69%74%61%40%69%6e%64%6f%2e%6e%65%74%2e%69%64%37%22%3e%68%75%70%65%6c%69%74%61%40%69%6e%64%6f%2e%6e%65%74%2e%69%64%37%3c%2f%61%3e%27%29%3b’)). Jawa Pos
(1) editor@jawapos.com
(2) eval(unescape(‘%64%6f%63%75%6d%65%6e%74%2e%77%72%69%74%65%28%27%3c%61%20%68%72%65%66%3d%22%6d%61%69%6c%74%6f%3a%65%64%69%74%6f%72%40%6a%61%77%61%70%6f%73%2e%63%6f%2e%69%64%38%22%3e%65%64%69%74%6f%72%40%6a%61%77%61%70%6f%73%2e%63%6f%2e%69%64%38%3c%2f%61%3e%27%29%3b’)). Suara Karya
redaksi@suarakarya-online.com
9. Koran Tempo
ndewanto@mail.tempo.co.id
10. Majalah Tempo
hidayat@mail.tempo.co.id
Media Daerah Sumatera
1. Waspada (Medan)
(1) redaksi@waspada.co.id
(2) waspada@waspada.co.id
2. SIB – Suara Indonesia Baru (Medan)
redaksi@hariansib.com
3. Batam Pos
redaksi@harianbatampos.com
4. Serambi Indonesia (Aceh)
(1) redaksi@serambinews.com
(2) serambi_indonesia@yahoo.com
5. Sriwijaya Post (Palembang)
(1) sripo@persda.co.id
(2) sripo@mdp.net.id
Media Daerah Jawa
1. Pikiran Rakyat (Jawa Barat)
beritapr@yahoo.com
berita@pikiran-rakyat.com
redaksi@pikiran-rakyat.com
info@pikiran-rakyat.com
2. Suara Merdeka (Jawa Tengah)
redaksi@suaramer.famili.com
3. Kedaulatan Rakyat (Yogyakarta)
redaksi@kr.co.id
4. Koran Bernas (Yogyakarta)
koranbernas@yahoo.com
5. Harian Surya (Jawa Timur)
surya1@padinet.com
6. Harian Duta Masyarakat (Jawa Timur)
dumas@sby.centrin.net.id
7. Surabaya Post (Jawa Timur)
redaksi@surabayapost.info
admin@surabayapost.info
Media Daerah Bali
1. Bali Post
balipost@indo.net.id
Media Daerah Kalimantan
1. Banjarmasin Post
banjarmasin_post@persda.co.id
bpostmania@telkom.net
2. Pontianak Pos
redaksi@pontianakpos.co.id
Media Daerah Sulawesi
1.Harian Fajar (Makassar)
fajar@fajar.co.id
Jadi, setelah Anda selesai menulis di MS WORD sebanyak 700 – 1000 kata, maka kirimkan ke media yg dituju melalui email mereka. Sekali lagi, artikel dikirim via attachment. Dan jangan lupa tulis di subject email
sbb: “Artikel Opini: ” [judul tulisan anda di sini…]
Langkah pertama, cobalah menulis ke koran, bukan majalah. Karena kolom di majalah biasanya pesanan dari redaksi; biasanya diisi penulis yg sudah beken seperti Rizqon Khamami.
Catatan:
1. Email redaksi sejumlah harian/koran Indonesia di atas adalah email media cetak. Sedangkan email media online seperti detik.com, dll tidak termasuk di sini.
2. Perlu diketahui bahwa tulisan kita yang dimuat di media cetak, akan otomatis dimuat di website mereka masing-masing. Artinya, kalau tulisan kita tampil di website koran bersangkutan berarti dimuat di media cetaknya. Memang koran seperti Waspada (Medan) dan Riau Pos (Riau) pernah memiliki dua edisi online dan offline (cetak), tapi sekarang sudah tidak lagi. Ini untuk menjawab pertanyaan Rahmatsyah Rangkuti yang agak bingung soal ini.
3. Jangan pernah mengirim satu tulisan pada dua koran nasional atau dua koran yang satu daerah dalam waktu bersamaan. Karena kalau sama-sama dimuat di kedua koran tsb. kita akan mendapat sangsi berupa tulisan kita tidak akan lagi dimuat di keduanya. Akan tetapi, kalau dikirim pada dua koran yang lain segmennya, seperti ke koran nasional dan koran daerah itu tidak apa-apa walaupun seandainya sama-sama dimuat.
4. Kalau Anda memiliki alamat email media cetak yang belum saya sebut atau alamat email dari saya salah, silahkan tulis di kotak komentar di bawah untuk melengkapi dan mengoreksi.[]

“Saat buku laris manis, penulis/pengaranglah yang dielu-elukan dan memperoleh segudang penghargaan. Saat buku jeblok di pasar atau mengandung kesalahan maka orang yang kali pertama pantas dicari adalah EDITOR!”
Saya tertegun sejenak membaca sales copy novel Tunnels terbitan Mizan karya Roderick Gordon dan Brian Williams. Novel yang disebut-sebut the next Harry Potter ini telah diterjemahkan ke dalam 21 bahasa dan di covernya versi Mizan dicantumkan nama Barry Cunningham, editor si penemu Harry Potter dan juga Tunnels, atau si penemu bakat JK Rowling.
Tangan dingin Barry Cunningham yang sukses meramu Harry Potter menjadi novel berdaya imajinasi luar biasa juga dipertaruhkan di dalam novel Tunnels. Barry termasuk editor yang beruntung menjadi pesohor dan namanya disebut-sebut di balik sukses sebuah buku meskipun saya yakin tidak banyak yang tahu tentang Barry Cunningham ini.
Barry Cunningham adalah penggiat buku yang merintis karier awal sebagai seorang marketer yang kemudian menjabat sebagai managing director di Chicken House Publishing (penerbit asal Tunnels), imprint dari penerbit besar Scholastic (penerbit Harry Potter). Spesialisasinya adalah mencari bakat baru di bidang buku anak, seperti JK Rowling dan Cornelia Funke (Inkheart, Dragonrider).
Barry sebelumnya sempat menemani Road Dahl berkeliling Inggris untuk mencari tahu buku apa yang diinginkan anak-anak. Dari sinilah ia mendapat input banyak tentang dunia penulisan dan penerbitan buku anak. Ia mengasah kemampuannya di bidang promosi, tetapi ia justru memperoleh banyak pengetahuan tentang apa yang paling diinginkan anak-anak dari sebuah buku. Penerbit Bloomsbury pernah memintanya membuat semacam laporan tentang judul-judul buku anak, lalu ia pun berpikir, “I can do this. I’m not a proper editor, but I know a lot about children’s books.” So I tried for it. I think it was a good decision!
Pengalaman mengamati dunia anak-anak, berinteraksi dengan anak, serta meriset kebutuhan bacaan anak, mengantarkan Barry Cunningham ke dalam dunia editing buku anak. Ia menjadi editor akuisisi yang bekerja dengan hati. Kredibilitas Barry kemudian dikenal sehingga JK Rowling lewat agennya Christopher Little, memercayakan Harry Potter padanya. Tidak banyak editor atau penerbit yang bisa melihat cahaya sukses Harry Potter seperti Barry melihat, begitulah kira-kira pikiran Christopher Little saat itu. Barry hanya melihat beberapa lembar naskah Harry Potter dan memutuskan untuk menerbitkannya. Dan ternyata, Harry Potter benar-benar sukses mendunia.
Sebagai editor (dan mungkin bagi sebagian besar editor juga) , saya selalu terobsesi bisa seperti Barry Cunningham, yaitu memiliki kemampuan plus intuisi menemukan bakat baru dalam penulisan buku, baik itu fiksi maupun nonfiksi. Intuisi yang menalar naskah akan menjadi booming atau buah bibir tidak pelak memerlukan pengetahuan tentang kebutuhan serta kecenderungan yang terjadi pada pembaca sasaran. Dan hal ini tentu tidak gampang bagi seorang editor karena melibatkan berbagai macam wawasan serta informasi.
By the way …, adakah editor di Indonesia yang seperti Barry? Lalu, siapa editor yang menemukan Habbiburrahman El-Shirazy dengan novel Ayat-Ayat Cintanya–konon novel ini juga sempat ditolak beberapa penerbit? Adakah ia Bapak Awod Said? Siapakah penemu Andrea Hirata dengan novel Laskar Pelanginya yang sekarang masih menjadi buah bibir? Adakah ia manajer penerbit di Bentang ataukah seorang Haidar Bagir? Siapa editor yang sesungguhnya menemukan bakat kedua orang penulis baru itu dan bisa melihat bahwa naskah novel tersebut merupakan calon best seller, bahkan mega best seller? Pembaca Indonesia mungkin masih mengira-ngira. Siapa tahu editornya malah orang biasa yang tidak terkenal, tapi dia bisa jadi terkenal dan dicari penerbit lain.
Masalahnya, saya yakin, calon naskah seperti Ayat-Ayat Cinta dan Laskar Pelangi berpotensi muncul lagi dalam tahun-tahun ke depan. Beruntunglah editor yang bisa menemukannya dan tahu bagaimana menemukannya. Beruntunglah penerbit yang memiliki editor seperti itu. Jadi, editor tidak sekadar dicari karena ada kesalahan di dalam buku, tetapi dicari karena ada reputasi.
Bambang Trim
praktisi perbukuan nasional
http://www.bambangtrim.com

Advertisements

5 Responses

  1. teman terimasih infonya…..salam kenal yaa sanur sukur. saya merasa sangat terbantu sekali

  2. thanks ea…… ngebantu bgt^^

  3. ijin share om di fb….

  4. Matur nuwun yo kang,kanggo info ne..

  5. mz,,, come to my blog njeh,,, monggo disekecaaken,,,suwund 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: