• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Ghost of Life

Mendengarkan detak jantungku sendiri. Derap yang gelisah, takut, kecewa, dan kurus karena membenci. Bisakah mudah semua itu? Kadang aku merasa terlalu begitu sendiri. Seperti mendaki puncak gunung tanpa ada seorangpun temani. Ngeri yang terkutuk.
Aku berpikir, mengapa sering kali kita merasa telah dipersesalkan akan sesuatu? Aku sendiri telah melakukan begitu banyak kesalahan. Dan kadang yang kuinginkan hanyalah lari. Pergi. Musnah. Tak dikenali lagi. Tidak oleh manusia, tidak pula oleh pohon atau awan. Tapi bukan mati. Aku ingin hidup yang hidup di tempat yang sama sekali baru.
Memiliki anugerah.
Memiliki anugerah, kau pikir itu luar biasa? Mungkin; tapi tidak jika kau berada di suatu lingkungan di mana tidak ada yang memahami anugerahmu itu. Kau akan sendiri. Sepi. Terisolir. Asing. Dan merana. Kau tidak lagi tahu dengan siapa hendak berbagi. Pada siapa bisa berbincang dengan mudah. Kau bingung, menjadi yang lain di dalam suatu komunitas. Menjadi yang tidak memahami dan tidak terpahami. Tidakkah itu sudah begitu menyakitkan dan menyedihkan? Dan jika sudah demikian, apa kau masih heran ada begitu banyak orang yang ingin pergi dari rumahnya? Pergi dari tempatnya lahir? Menjauh dari orang-orang yang dikenalnya tapi tidak diketahuinya?
Si anak burung terbang jauh.
Saban waktu, awan yang terberai dan terubah bentuknya oleh angin, adalah nasib manusia, tiap-tiap manusia. Terhempas. Membentur. Terkoyak. Menyatu lagi. Membentuk lagi. Terberai lagi. Berkeping lagi. Dan yang bisa tetap terus kita lakukan adalah tidak menyerah, terus bertarung, tak berhenti sampai jatuh ke lubang pintu kubur.
04-01-09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: